Silabus Akidah Akhlak Kelas 9 MTS Sesuai KMA Nomor 183

Silabus Akidah Akhlak Kelas 9 MTS Sesuai KMA Nomor 183
Mengawali pertemuan kita pada hari ini saya akan menberitahukan dahulu bahwa pada postingan sebelumnya admin sudah membagi Silabus Akidah Akhlak kelas VII MTS dan Silabus Akidah AKhlak Kelas VIII MTS yang semuanya sesuai dengan KMA nomor 183 Tahun 2019 revisi terbaru.

Untuk melengkapi semua kelas tingkat MTS maka kali ini admin akan berbagi mengenai SIlabus Akidah Akhlak kelas IX MTS yang sesuai dengan KMA nomor 183 tahun 2019. Untuk meyakinkan bahwa silabus akidah akhlak kelas 9 ini adalah revisi terbaru berikut kami sajikan kompetensi dasar, Materi pokok dan indikator pencapaian kompetensi yang sesuai dengan KMA 183 tahun 2019.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR AKIDAH AKHLAK SEMESTER 1 (GANJIL)
--------------------------------------------------------------------------------------
Iman Kepada Hari Akhir
1.1 Menghayati kebenaran akan adanya hari akhir
1.2 Menghayati peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan, Yaumul Jaza, Shirat,Surga dan Neraka)
2.1 Menunjukan perilaku mawas diri dan tanggung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.2 Menunjukan sikap taat dan tanggung jawab sebagai implementasi beriman terhadap peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan, Yaumul Jaza, Shirat,Surga dan Neraka)
3.1 Memahami hakekat, dalil/buktinya, tanda- tanda dan hikmah beriman kepada hari Akhir
3.2 Memahami peristiwa- peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, YaumulShirat,Surga dan Neraka)
4.1 Mengomunikasikan dalil aqli dan naqli serta hikmah beriman kepada hari akhir
4.2 Menyajikan dalil tentang peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari kiamat (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan, Yaumul Jaza, Shirat, Surga dan Neraka)
1.1.1. Menghayati kebenaran akan adanya hari akhir
1.2.1. Menyakini kperistiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
2.1.1. Mempraktikkan perilaku mawas diri dan tangung jawab sebagai implementasi beriman kepada hari akhir
2.2 1. Menunjukan sikap taat dan tanggung jawab sebagai implementasi beriman terhadap peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (`Alam Barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Hisab, Yaumul Mizan, Yaumul Jaza, Shirat,Surga dan Neraka)
3.1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
3.1.2. Menunjukkan dalil beriman kepada hari akhir
3.2.1. Menganalisis macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
3.2.2. Mengidentifikasi tanda-tanda hari akhir
3.2.3. Mengidentifikasi perilaku beriman kepada hari akhir
4.1.1. Membaca dengan tartil dalil tentang alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir
4.2.1. Menyajikan dalil tentang peristiwa-peristiwa alam gaib yang berhubungan dengan hari kiamat

Akhlak Terpuji Kepada Diri Sendiri
1.3 Menghayati kebenaran perintah agama untuk menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif
2.3 Mengamalkan perilaku menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menganalisis pengertian, contoh, dan dampak positif menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif
4.3 Mengomunikasikan contoh penerapan perilaku menuntut ilmu, kerja keras, kreatif, produktif dan inovatif dalam kehidupan sehari-hari
1.3.1. Menghayati dan meyakini kebenaran perintah agama untuk menuntut ilmu
1.3.2. Menghayati dan meyakini kebenaran perintah agama untuk kerja keras
1.3.3. Menghayati dan meyakini kebenaran perintah agama untuk kreatif
1.3.4. Menghayati dan meyakini kebenaran perintah agama untuk produktif
1.3.5. Menghayati dan kebenaran kebenaran perintah agama untuk inovatif
2.3.1. Mempraktikkan perilaku menuntut ilmu dalam kehidupan sehari-hari
2.3.2. Mempraktikkan perilaku kerja keas dalam kehidupan sehari-hari
2.3.3. Mempraktikkan perilaku kreatif dalam kehidupan sehari-hari
2.3.4. Mempraktikkan perilaku produktif dalam kehidupan sehari-hari
2.3.5. Mempraktikkan perilaku inovatif dalam kehidupan sehari-hari
3.3.1. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
3.3.2. Menunjukkan dalil berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
3.3.3. Mengidentifikasi bentuk/ ciri-ciri berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
3.3.4. Menganalisis cara-cara membiasakan diri berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
3.3.5. Mengidentifikasi perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
3.3.6. Menganalsis dampak positif berilmu, kerja keras, kreatif, produktif, dan inovatif
4.3.1. Menunjukkan contoh perilaku berilmu
4.3.2. Menunjukkan contoh perilaku kerja keras
4.3.3. Menunjukkan contoh perilaku kreatif
4.3.4. Menunjukkan contoh perilaku  produktif
4.3.5. Menunjukkan contoh perilaku  inovatif

Adab Kepada Saudara, Teman, dan Tetangga
1.4 Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan saudara, teman dan tetangga  
2.4 Menunjukan sikap hormat dan toleran sebagai implementasi adab bergaul dengan saudara, teman dan tetangga
3.4 Menerapkan adab bergaul dengan saudara, teman dan tetangga  
4.4 Menghayati adab yang baik dalam bergaul dengan saudara, teman dan tetangga
1.4.1. Menghayati dan meyakini adab yang baik dalam bergaul dengan saudara
1.4.2. Menghayati dan meyakini adab yang baik dalam bergaul dengan teman
1.4.3. Menghayati dan meyakini adab yang baik dalam bergaul dengan tetangga
2.4.1. Menunjukkan sikap hormat dan toleran sebagai implementasi adab bergaul dengan saudara
2.4.2. Menunjukkan sikap hormat dan toleran sebagai implementasi adab bergaul dengan teman
2.4.3. Menunjukkan sikap hormat dan toleran sebagai implementasi adab bergaul dengan tetangga
3.4.1. Menunjukkan dalil perintah beradab kepada saudara
3.4.2. Menunjukkan dalil perintah beradab kepada teman
3.4.3. Menunjukkan dalil perintah beradab kepada tetangga
3.4.4. Mengidentifikasi bentuk/ ciri-ciri adab kepada saudara
3.4.5. Mengidentifikasi bentuk/ ciri-ciri adab kepada teman
3.4.6. Mengidentifikasi bentuk/ ciri-ciri adab kepada tetangga
3.4.7. Mengidentifikasi cara-cara beradab kepada saudara, teman, dan tetangga
3.4.8. Mengidentifikasi contoh-contoh beradab kepada saudara, teman, dan tetangga
3.4.9. Menganalisis hikmah beradab kepada saudara, teman, dan tetangga
4.4.1 Mempraktikkan adab bergaul dengn dengan saudara, teman, dan tetangga dalam kehidupan sehari-hari

Kisah Keteladanan Sahabat Umar Bin Khattab dan Sayyidah Aisyah r.a
1.5 Menghayati kisah sahabat Umar bin Khattab r.a. dan Aisyah r.a.  
2.5 Menunjukan sikap pemberani dan tegas sebagai implementasi keteladanan sifat-sifat utama sahabat Umar bin Khattab r.a. dan Aisyah r.a.
3.5 Menganalisis kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dan Aisyah r.a.
4.5 Mengomunikasikan hasil analisis kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dan Aisyah r.a.
1.5.1. Menghayati kisah keteladanan sahabat Umar bin Khatab r.a.
1.5.2. Menghayati kisah keteladanan sayyidah Aisyah r.a.
2.5.1. Menunjukkan sifat pemberani dan tegas sebagai sifat meneladani sahabat Umar bin Khatab r.a.
2.5.2. Menunjukkan sifat cerdas dan berilmu sebagai sifat meneladani sayyidah Aisyah r.a.
3.5.1. Menjelaskan kisah keteladanan sahabat Umar bin Khatab r.a.
3.5.2. Menjelaskan kisah keteladanan sayyidah Aisyah r.a.
3.5.3. Mengindenfikasi cara-cara meneladani sahabat Umar bin Khatab r.a. dan sayyidah Aisyah r.a.
3.5.4. Menganalisis hikmah meneladani sahabat Umar bin Khatab Ra. dan sayyidah Aisyah r.a.
3.5.5. Mengidentifikasi perilaku meneladani sahabat Umar bin Khatab r.a. dan sayyidah Aisyah r.a.
4.5.1  Menyajikan hasil analisis kisah keteladanan sahabat Umar bin Khattab r.a. dan Aisyah r.a.

KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR AKIDAH AKHLAK SEMESTER 2 (GENAP)
--------------------------------------------------------------------------------------
Qadha’ Dan Qadar
1.6  Menghayati adanya qadha dan qadar sebagai ketentuan Allah Swt.
2.6  Menunjukan perilaku tawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt.  
3.6  Menganalisis pengertian, dalil/bukti, macam-macam, dan hikmah beriman kepada qadha dan qadar
4.6  Mengomunikasikan hasil analisis contoh dan ciri-ciri perilaku beriman kepada qadha dan qadar
1.6.1. Menghayati dan meyakini adanya qadha dan qadar sebagai ketentua Allah  Swt.
2.6.1. Menunjukkan perilaku tawakal sebagai implementasi beriman kepada qadha dan qadar Allah Swt.
3.6.1. Menjelaskan pengertian qadha dan qadar
3.6.2. Menunjukkan dalil tentang qadha dn qadar
3.6.3. Mengidentifikasi macam-macam takdir
3.6.4. Mengidentifikasi contoh-contoh takdir
3.6.5. Menganalisis perilaku beriman kepada qadha dan qadar
4.6.1. Mengomunikasikan contoh-contoh perilaku beriman kepada qadha dan qadar
4.6.2. Mengomunikasikan ciri-ciri perilaku beriman kepada qadha dan qadar

Menghindari Perilaku Menyimpang dalam Pergaulan Remaja
1.7  Menghayati larangan Allah Swt minuman keras, judi, pacaran dan tawuran
2.7 Menunjukan perilaku menghindari minuman keras, judi, pacaran dan tawuran dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Menganalisis bentuk- bentuk perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran)
4.7 Mengomunikasikan contoh bahaya minuman keras, judi, pacaran dan tawuran dalam kehidupan
1.7.1. Menghayati larangan Allah Swt. melakukan perilaku menyimpang seperti minuman keras, judi, pacrn, dan tawuran dalam pergaulan remaja
2.7.1. Menunjukkan perilaku menghindari minuman keras, judi, pacaran, dan tawuran dalam kehidupan sehari-hari
3.7.1. Menjelaskan pengertian dan ciri-ciri remaja
3.7.2. Menganalisis adab pergaulan remaja menurut Islam
3.7.3. Mengidentifikasi contoh-conoth perilaku remaja yang menyimpang dan yang harus dihindari
3.7.4. Menganalisis dampak negatif perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja
3.7.5. Menganalsis hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.7.1. Mengomunikasikan contoh bahaya minuman keras, judi, pacaran, dan tawuran dalam kehidupan sehari-hari yang harus dihindari

Adab Berjalan,  Berpakaian, Makan dan Minum
1.8 Menghayati adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian adalah perintah agama
2.8 Mengamalkan adab dalam berjalan, makan dan minum serta berpakaian dalam kehidupan sehari-hari
3.8 Menerapkan adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian
4.8 Menyajikan contoh dan dalil adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian dalam kehidupan sehari-hari
1.8.1. Menghayati adab berjalan, berpakaian, dan makan dan minum adalah perinta agama
2.8.1. Mengamalkan adab dalam berjalan, berpakaian, makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
3.8.1. Menjelaskan pentingnya menjaga adab berjalan, berpakaian, makan dan minum menurut Islam
3.8.2. Menunjukkan dalil adab berjalan, berpakaian, makan dan minum menurut Islam
3.8.3. Menganalisis adab berjalan menurut Islam
3.8.4. Menganalisis adab berpakaian menurut Islam
3.8.5. Menganalisis adab makan dan minum menurut Islam
3.8.6. Menganalisis hikmah adab berjalan, berpakaian, makan dan minum menurut Islam
4.8.1. Menyajikan contoh-contoh adan berjalan, berpakaian, makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari

Kisah Keteladanan Sahabat Usman Bin Affan r.a. dan Sahabat Ali Bin Abi Thalib karamallahu wajhah
1.9 Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a., dan Ali bin Abi Talib karromallahu wajhah
2.9 Menunjukan sikap berilmu, peduli dan tanggung jawab, sebagai implementasi meneladani sifatsifat utama sahabat Usman bin Affan r.a.,dan Ali bin Abi Talib karromallahu wajhah
3.9 Menganalisis sikap dan keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a, dan Ali bin Abi Thalib karromallahu wajhah
4.9 Mengomunikasikan hasil analisis keteladaan Usman bin Affan r.a, dan Ali bin Abi Talib karromallahu wajhah dalam kehidupan sehari-hari
1.9.1. Menghayati kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a.  
1.9.2. Menghayati kisah keteladanan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.
2.9.1. Menunjukkan sikap bersikap berilmu, peuli dan tanggung jawab sebagai implementasi meneladani sifat-sifat utama sahabat Usman bin Affan r.a. dan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.
3.9.1. Menjelaskan kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a.
3.9.2. Menjelaskan kisah keteladanan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.
3.9.3. Menganalsisis cara-cara meneladani kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a. dan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.
3.9.4. Menganalisis hikmah meneladani sahabat Usman bin Affan r.a. dan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.
3.9.5. Mengidentifikasi perilaku meneladani sahabat Usman bin Affan r.a. dan sahabat Ali bin Abi Thalib r.a.

Untuk mendapatkan silabus akidah akhlak kelas IX MTS ini silahkan unduh filenya pada link yang sudah kami sediakan pada akhir artikel ini. Jika para rekan guru berminat untuk mendapatkan dan memiliki perangkat pembelajaran lengkapnya silahkan klik DISINI.

Belum ada Komentar untuk "Silabus Akidah Akhlak Kelas 9 MTS Sesuai KMA Nomor 183"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel