Capaian Pembelajaran dan Alur, Tujuan Pembelajaran (CP dan ATP) SKI Fase E Kurmer
Sekolah : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : X (Sepuluh)
Semester : I / II
Tahun Pelajaran : 2024 / 2025
Capaian Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Fase E:
Pada fase ini terdapat tiga elemen. Elemen yang pertama periode Rasulullah saw. dimana Peserta didik mampu menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah dan Madinah sebelum Islam, substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Mekah dan Madinah, peristiwa hijrah yang dilakukan. Rasulullah saw. dan para sahabat, substansi Piagam Madinah (misaq al-madinah), faktor-faktor keberhasilan Fathu Mekah sebagai inspirasi dalam menerapkan perilaku mulia Rasulullah saw. di kehidupan masa kini dan masa depan. Elemen yang kedua periode Khulafaurasyidin dimana peserta didik mampu menganalisis proses pemilihan Khulafaurasyidin, substansi dan strategi dakwah Khulafaurasyidin, sebagai inspirasi dalam menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati dalam perbedaan pendapat di kehidupan masa kini dan masa depan. Sedangkan Pada akhir Fase E, pada elemen periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M) peserta didik mampu dapat menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus dan Andalusia sebagai inspirasi dalam menerapkan semangat jiwa pembelajar menghadapi tantangan era digital.
Peserta didik dapat mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyah, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah serta meneladani semangat tokoh ilmuwan muslim dalam membangun peradaban Islam.
Capaian Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berdasarkan Elemen :
Periode Rasulullah saw. :
Peserta didik mampu menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah dan Madinah sebelum Islam, substansi dan strategi dakwah Rasulullah saw. periode Mekah dan Madinah, peristiwa hijrah yang dilakukan Rasulullah saw. dan para sahabat, substansi Piagam Madinah (Misaq al-Madinah), dan faktor- faktor keberhasilan Fathu Mekah sebagai inspirasi dalam menerapkan perilaku mulia Rasulullah saw. di kehidupan masa kini dan masa depan.
Periode Khulafaurasyidin:
Peserta didik mampu menganalisis proses pemilihan Khulafaurasyidin, substansi dan strategi dakwah Khulafaurasyidin, sebagai inspirasi dalam menerapkan asas musyawarah, sikap saling menghargai dan menghormati dalam perbedaan pendapat di kehidupan masa kini dan masa depan.
Periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M):
Peserta didik mampu menganalisis proses lahirnya Daulah Umayyah, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus dan Andalusia sebagai inspirasi dalam menerapkan semangat jiwa pembelajar menghadapi tantangan era digital. Peserta didik mampu mengevaluasi proses lahirnya Daulah Abbasiyah, perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah serta meneladani semangat tokoh ilmuwan muslim dalam membangun peradaban Islam.
Untuk mendapatkan file capaian pembelajaran dan Alur dan Tujuan Pembelajaran sejarah kebudayaan islam fase E kelas X MA ini silahkan download filenya pada akhir artikel ini.
Bagi para rekan guru yang berminat untuk memiliki perangkat ajar/modul ajar lengkap kurikulum merdeka mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Fase silahkan pesan DISINI atau bisa menghubungi nomor Telp/Wa: 081294970737
Belum ada Komentar untuk "Capaian Pembelajaran dan Alur, Tujuan Pembelajaran (CP dan ATP) SKI Fase E Kurmer"
Posting Komentar