Antara Teman Dan Kasih, Mana Yang Lebih Utama ?

Motivasi Hidup
Antara Teman dan Kasih
Antara teman & kasih, ini adalah salah satu judul lagunya Rhoma Irama yang pernah dinyanyikan dalam salah satu filmnya yang berjudul "Sebuah Pengorbanan". Ini adalah film yang sangat fantastis, karena kedua tokoh wanita yang biasa menjadi kekasih Rhoma semuanya dipertemukan dalam film ini. Mereka adalah Ani dan Rika. Bagi para penggemar Rhoma Irama, pasti sudah paham betul soal ini. Saya juga penggemar Rhoma Irama, hehe.

Ah sudah, kok jadinya malah bahas film. Kan padahal kita nggak mau membahas film, yang akan kita bahas kali ini adalah tentang cinta. Cinta itu multi definisi, masing- masing orang memiliki versi tersendiri untuk mengartikan apa itu cinta. Pada dasarnya cinta itu tidak bisa didefinisikan, karena jika berusaha didefinisikan itu akan mengurangi kedalaman dari makna cinta itu sendiri.

Berbicara tentang cinta, mungkin Anda sering mendengar sebuah pernyataan-pernyataan tentang cinta, kata-kata mutiara tentang cinta, kata-kata indah tentang cinta. Yang semuanya biasa Anda baca di status facebook teman, atau mungkin sering Anda baca melalui textgram (gambar berteks) yang diupload banyak orang di Instagram. Ternyata tidak semua kata-kata indah itu benar, bahkan sebagian ada yang menyesatkan yang jika itu diyakini dan diterapkan akan menghancurkan dan melunturkan cinta.

Baiklah, saya perjelas. Salah satu ungkapan yang paling populer tentang cinta itu adalah kalimat berikut :
Jangan merusak persahabatan hanya karena cinta, karena sahabat lebih utama daripada cinta
Perhatikan, sepintas kata-kata itu tampak bijaksana. Dan saya yakin Anda pun sering mendengar atau membacanya. Dulu sewaktu masih ABG, saya percaya dan setuju banget dengan pernyataan itu. Tetapi setelah saya beranjak dewasa dan terlibat dalam urusan cinta, barulah saya sadar kalau pernyataan itu adalah pernyataan yang kurang tepat.

Mereka yang menyatakan persahabatan lebih bernilai daripada cinta adalah orang yang belum benar-benar memahami apa itu arti cinta, atau jangan-jangan belum pernah terlibat langsung dalam urusan cinta, atau mungkin juga belum dewasa. Yang sebenarnya adalah cinta lebih utama dari persahabatan. Karena di dalam cinta juga terdapat nilai persahabatan.
 
Jika di dalam cinta tidak terdapat nilai persahabatan, itu artinya bukan cinta. Titik.
Cinta sejati bukan soal urusan saling suka dan saling ketertarikan sementara, cinta sejati juga sahabat bagimu, bukan sekadar kesukaan. Level suka dan level cinta itu berbeda. Level cinta berada jauh di atas level persahabtan. Kalau cinta monyet ala ABG labil itu sebenarnya bukan cinta, itu masih berada pada level suka. Cuma saya nggak tega kalau mau mengganti istilah cinta monyet menjadi suka monyet, hehe.

Jika disuruh memilih antara cinta sejati dan persahabatan maka pilihlah cinta sejati, karena cinta sejati juga sahabat bagimu. Jika disuruh lebih mementingkan sang cinta atau sahabat, maka pilihlah untuk lebih mementingkan sang cinta. Mohon dipahami sekali lagi, cinta yang dibahas kali ini adalah betul-betul cinta yang sejati bukan cuma suka monyet, eh maksud saya cinta monyet.

Jika kita masih lebih memprioritaskan sahabat kita daripada sang cinta kita, jangan-jangan level cinta kita belum masuk pada level cinta yang sejati. Atau jangan- jangan kita belum benar-benar merasakan cinta sejati.
Ini bahasan soal cinta yang hanya bisa diterima oleh rasa, yang hanya bisa dimengerti oleh Anda yang hatinya terbuka.

Jadi antara teman dan kasih, mana yang lebih utama ? Sudah pasti jawaban saya sang kekasih jauh lebih utama.
Tak terasa sudah cukup panjang saya menulis ini, mungkin kapan-kapan saya akan menulis lagi tentang cinta. Bahkan saya punya sebuah keinginan untuk menulis buku tentang cinta, insya Allah akan kesampaian nanti ya.. mohon doa dari teman-teman saja. Namun yang jelas buku ini akan saya terbitkan setelah saya menikah nanti, hehe.

Oke sekian dari saya, semoga tulisan singkat ini dapat membangkitkan kesadaran kita tentang konsep cinta yang sebenarnya.
 
Demikian semoga bisa memberi manfaat. Terima Kasih
Dikutif dari: Afron Shoji (Penulis Buku Counseling Revolution)

Belum ada Komentar untuk "Antara Teman Dan Kasih, Mana Yang Lebih Utama ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel