5 Tips Agar Anak Kecanduan Al Quran

https://inspirasihidupmasakini.blogspot.com/Dakwah - Anak-anak adalah anugerah terindah buat orangtua. Anak-anak seperti kain putih yang harus didesain oleh ibu dan ayahnya. Kita harus betul-betul sadar tentang potensi besar ini. Apalagi masa anak-anak adalah masa emas untuk pendidikan.

Berikut 5 tips agar anak-anak kecanduan al quran

1. Berhenti Menyuruh Anak
Cara pertama yakni berhenti menyuruh anak untuk membaca Al-Qur’an. Artinya sebagai orangtua kita tidak hanya meyuruh anak tapi harus memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada anak-anak terlebih dahulu.
Ayah bunda sebaiknya membaca Al quran rutin setiap hari di hadapan anak-anak. Walau awalnya mereka cuek, tapi percayalah...mereka itu memperhatikan dan mulai menginstal dirinya bahwa inilah yangg harus merekan lakukan juga.

2. Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al-Qur’an

Buatlah agenda keluarga untuk membuat halaqah qur’an. Setiap hari Jumat, misalnya, dimana ayah bunda duduk dalam lingkaran, kemudian bergantian membaca Al-Qur’an. Contohnya membaca Surah Al kahfi setiap hari Jumat bersama keluarga.

3. Tadabbur Terjemahan Al-Quran
Agar anak-anaknya tertarik untuk mentadaburi Al-Qur’an, maka ayah bunda bisa mulai membiasakan tadabbur terjemahan Al-Quran. Insya allah setelah konsisten, anak-anak pun penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan ayah bunda mereka. Saat mereka mendengarkan tadabbur terjemahan Al-Qur’an, anak-anak mulai mengerti makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang setiap hari mereka baca.

4. Mencoba Menghafal Al-Qur’an Bersama
Jika sebelumnya anak-anak biasa menghafal Al-Qur’an sendiri, maka untuk membuat anaknya tidak bosan untuk menghafal Al-Qur’an, maka Ayah bunda bisa mengajak anak2 untuk menghafal Al-Qur’an bersama-sama.
Agar ayah bunda pun mengetahui susahnya menghafal Al-Qur’an, san bisa memahami apa yang anaknya lalui untuk menghafal Al-Qur’an.

5. Puji Anak Depan Suami
Untuk membuat minat anak semakin besar terhadap Al-Qur’an, maka biasakan memuji setiap perkembangan anak-anak dalam mempelajari Al-Qur’an di depan ayahnya. Bunda bisakan sengaja memuji anak-anak di depan ayahnya, agar mereka merasa diakui dan semangatnya semakin besar untuk mempelajari Al-Qur’an.
Yaps, intinya sebelum orangtua mengajak anak untuk cinta Al-Qur’an maka orangtua harus terlebih dahulu mencintai Al-Qur’an, maka barulah lahir anak-anak pecinta Al-Qu’ran. Selamat menjadi pendidik cerdas dan sholeha.

Demikian 5 tips agar anak-anak kecanduan al quran semoga bermanfaat
Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Agar Anak Kecanduan Al Quran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel