Cara Mengetahui Apakah Teman Anda adalah Teman Sejati

https://inspirasihidupmasakini.blogspot.com/
Cara Mengetahui Apakah Teman Anda adalah Teman Sejati
Apakah anda punya teman sejati ? Kalau belum punya ketahui ciri-ciri teman sejati berikut ini.
Jika Anda tidak bisa memutuskan apakah teman Anda adalah teman sejati, berarti hubungan pertemanan itu bermasalah. Teman mudah dicari, tetapi teman sejati sangat langka dan jauh lebih berharga. Untungnya, teman sejati mudah dikenali.

1. Bagaimana Teman Sejati Berbicara
a. Teman sejati memberi komentar mendukung dan dorongan.
Teman yang sebenarnya membuat Anda merasa dibutuhkan, percaya diri, dan bahagia. Semua orang membutuhkan energi positif di sana sini, dan teman sejati bisa memberi banyak. Walaupun dia tidak setuju dengan Anda ("topimu seperti terbuat dari tupai mati"), dia masih mendukung Anda dengan cara terbaik ("tapi, kenapa kalau kamu yang pakai jadi keren?").
  • Jika teman Anda memberi pujian tulus tentang apa saja dari pakaian baru hingga etos kerja Anda, itu tanda bagus.
  • Lihat apakah dia adalah pemandu sorak Anda. Mungkin dia tidak selalu menyoraki Anda, tetapi jika dia teman sejati, dia pasti merupakan penggemar Anda dan selalu mendukung kesuksesan Anda.
  • Jika teman Anda selalu meremehkan atau berusaha mengungguli kesuksesan Anda ("Ujianmu dapat 85? Bagus. Aku dapat 89"), merendahkan Anda, dan/atau tidak yakin Anda bisa sukses, berarti dia bukan teman sejati. Abaikan dia sekaligus sikapnya yang tidak menyenangkan itu.
b. Teman sejati mendengarkan Anda. Kadang Anda hanya ingin teman yang diam dan mendengarkan. Teman sejati tahu kapan dia harus menutup mulut dan membuka telinga, asalkan Anda juga melakukan hal yang sama untuknya. Dia melakukan kontak mata ketika berbicara, mengingat apa yang Anda katakan, dan mengajukan pertanyaan yang penuh perhatian. Perhatikan siapa di antara Anda yang paling sering bicara. Dalam pertemanan ideal, kedua pihak harus seimbang. Jika Anda merasa selalu mendengarkan masalah teman, berarti pertemanan itu berat sebelah.
  • Jika Anda merasa hanya Anda yang selalu mendengarkan masalahnya, pertemanan kalian tidak seimbang.
  • Jika di tengah pembicaraan dia melihat-lihat sekeliling ruangan dan mengecek ponsel, atau lupa bahwa Anda mendaftar kuliah hukum, mungkin dia adalah teman palsu yang tidak pantas mendapatkan waktu Anda.
Baca juga cara memotivasi siswa sekolah Menengah Atas (SMA)
c. Teman sejati saling berkomunikasi secara terbuka. Anda dapat menceritakan kisah dan rahasia memalukan dengan teman sejati, dan dia juga bercerita kepada Anda. Dia bisa memahami suasana hati Anda tanpa memerlukan petunjuk. Misalnya, kata-kata "Lemas sekali kau hari ini," adalah upaya terbaik teman pria untuk menunjukkan empati emosional, tetapi tetap merupakan tanda pertemanan yang berarti. Dia peduli. Saat ada masalah, teman sejati tidak hanya bicara berputar-putar, dia akan berdiskusi secara jujur dan dewasa untuk mencari solusi.
  • Jika Anda berdua bisa mengobrol secara dewasa ketika tidak enak hati, berarti Anda punya komunikasi kuat. Jika Anda dapat dengan nyaman mengatakan, "Hei, aku kesal kamu tidak datang ke pestaku tadi malam" kepada satu sama lain, berarti Anda telah menemukan teman yang pantas dipertahankan.
  • Jika Anda merasakan kebutuhan untuk menyembunyikan beberapa hal dari teman Anda, tidak dapat mempercayakan rahasia atau berita besar kepadanya, atau merasa dia tidak terbuka tentang hidupnya sendiri, berarti Anda sedang berhadapan dengan teman yang bukan teman sebenarnya.
d. Tentukan apakah ia jujur. Kejujuran adalah salah fondasi pertemanan yang sejati. Jika teman Anda terbuka dan jujur kepada Anda, ini adalah pertanda bagus. Jika teman Anda berbohong, meskipun sepele, kemungkinan ia bukan teman sejati Anda.

e. Teman sejati menjauh dari gosip. Jika orang yang Anda anggap teman suka bergosip, ada kemungkinan dia menggosipkan Anda ketika Anda tidak ada. Semua orang menyukai gosip menarik. Namun jika Anda merasa dia selalu menggosipkan orang lain atau menghina seseorang, kemungkinan "teman" ini juga akan melakukan hal yang sama kepada Anda begitu Anda memunggunginya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui apakah kebiasaan bergosip teman Anda sudah tidak terkontrol:
  • Jika dia menghina seseorang yang baru meninggalkan ruangan, berarti dia bukan orang yang baik.
  • Jika dia sering membicarakan orang yang katanya adalah teman-teman terdekatnya, berarti dia juga pernah melakukan hal yang sama tentang Anda kepada teman "sejatinya".
  • Jika dia selalu mengatakan hal negatif tentang orang lain yang tidak ada di sana, berarti dia bukanlah teman sejati.
Baca juga Cara mudah Belajar membaca cepat
2. Bagaimana Teman Sejati Bersikap
a. Teman sejati meluangkan waktu untuk Anda.
Hidup memang sibuk sehingga tidak ada waktu yang cukup untuk tidur, bekerja, dan makan, apalagi bersosialisasi. Namun teman sejati selalu meluangkan waktu. Jika dia tidak bisa menemukan waktu untuk bertemu atau bicara di telepon, mengapa Anda berteman dengannya?
  • Jika teman Anda memang berusaha menjadwalkan obrolan telepon, makan siang, atau makan malam, dan selalu menepati jadwal itu, berarti dia teman yang baik. Selamat! Tentu saja Anda harus melakukan hal yang sama dan meluangkan waktu untuknya.
  • Jika dia tidak pernah meluangkan waktu untuk Anda, selalu mengeluhkan hidup yang "sangat sibuk", dan mengharapkan Anda yang menyesuaikan jadwalnya, berarti ada masalah. Terlebih lagi jika dia punya waktu untuk pasangannya atau teman-teman yang lain. Semua orang sibuk, tetapi tidak semuanya ingkar.
b. Teman sejati selalu berbagi 50/50. Dalam pertemanan ideal, kedua pihak mencurahkan upaya yang sama, baik dalam hal komunikasi, meluangkan waktu bertemu, atau mentraktir. Pertemanan adalah memberi dan menerima, jadi jangan memberikan semuanya apabila teman Anda hanya bisa menerima. Biasanya, Anda bisa merasakan jika ini terjadi. Menonton film selalu di rumah Anda, Anda selalu yang pertama menelepon, dia selalu meminjam DVD Anda tanpa bertanya, dsb. Dan jika Anda merasakan ini, putuskan pertemanan. Teman sejati akan memberi tanpa berpikir dua kali.
  • Anda berdua harus mau menunjukkan kasih sayang. Tidak semua orang nyaman denga pelukan, tetapi semua pasti punya cara untuk menunjukkan kepedulian.
  • Kesetaraan tidak berarti mengeluarkan jumlah uang yang sama untuk teman. Hubungan tidak bisa dibeli dan dijual. Yang terpenting adalah merasa dihargai dan dipedulikan, bagaimana pun caranya.
  • Jangan biarkan teman Anda selalu datang ketika membutuhkan bantuan atau dukungan, tetapi sibuk ketika Anda membutuhkan bantuannya. Anda harus sama-sama bisa berpaling kepada satu sama lain, tidak hanya meminta bantuan, tetapi juga menawarkan.
Baca juga cara menciptakan momen berkesan untuk anak
c. Teman sejati menepati kata-katanya. Teman yang palsu bukanlah teman. Jika teman Anda tampaknya tidak pernah melakukan apa yang katanya akan dia lakukan, membiarkan Anda menunggu, atau melupakan rencana yang sudah dibuat bersama, berarti dia bukan teman sejati. Kita semua pernah membatalkan rencana atau membuat perubahan di detik terakhir, tetapi jika teman Anda sepertinya tidak pernah melakukan apa yang dia janjikan, berarti dia tidak menghargai waktu dan kehadiran Anda. Bagi teman yang baik, "janji adalah utang".
  • Jika teman Anda sering mengingkari janji, membicarakan rencana tidak pasti, atau melupakan tanggal penting, berarti dia palsu. Abaikan saja dan tidak perlu repot-repot menandai kalender Anda.
d. Teman sejati tidak memiliki motif lain untuk berteman. Motif lain ini sulit dikenali, tetapi penting diketahui. Pikirkan mengapa teman Anda mau bergaul dengan Anda. Biasanya, itu karena Anda dan dia adalah teman baik, dan "keuntungan" lainnya terjadi secara alami. Ada beberapa alasan klasik mengapa teman palsu mencari Anda, tetapi biasanya Anda akan melihat beberapa tanda peringatan bahwa dia bukan teman sejati. Namun Anda tetap harus mewaspadai orang-orang yang ingin mendompleng Anda karena hal-hal berikut:
  • Popularitas. Jika ada pelajaran yang bisa dipetik dari film Mean Girls, itu adalah teman sejati akan selalu ada entah Anda populer atau tidak. Popularitas selalu berubah, tetapi teman sejati tidak akan terpengaruh.
  • Kekayaan. Jangan salah, teman yang kaya itu memang menyenangkan. Anda bisa melakukan semua hal yang tidak bisa Anda bayar sendiri. Namun jika teman Anda hanya menyukai Anda karena Anda kaya, dia akan pergi sebelum Anda mengeluarkan sen terakhir.
  • Kenyamanan. Apakah Anda memberinya tumpangan ke kantor atau membiarkan dia menyontek PR Anda? Apakah dia pernah melakukan sesuatu untuk Anda?
  • Kebosanan. Saat libur sekolah, tetangga sebelah rumah tiba-tiba bersikap akrab. Saat sekolah mulai, Anda tidak pernah bertemu dia lagi. Orang yang katanya "teman" ini mencampakkan Anda begitu dia menemukan kelompok teman baru atau pacar baru.
Baca juga Cara memotivasi siswa atau Murid
3. Bagaimana Perasaan yang Ditimbulkan oleh Teman Sejati
a. Teman sejati membuat Anda merasa nyaman kepada diri sendiri.
Teman tidak perlu selalu setuju dengan apa yang Anda lakukan, tetapi pertemanan harus bisa membuat Anda merasa nyaman terhadap diri sendiri sebagai pribadi. Teman sejati membuat waktu berlalu dengan cepat dan dunia seakan bisa ditaklukkan. Jika setelah bertemu dengannya Anda selalu merasa kuat, bersemangat, atau terkikik mengingat momen konyol yang dilewatkan bersama, berarti yang Anda miliki ini adalah pertemanan hebat.
  • Jika tiap berpisah dari pertemuan dengan seorang teman Anda merasa seakan telah melakukan kesalahan, membuat dia marah, atau Anda merasa lebih buruk, berarti ada masalah. Jika dia merendahkan Anda untuk membuat dirinya sendiri lebih baik, berarti ada masalah. Jika dia membuat Anda merasa tidak nyaman dengan komentar menghina tentang tampang, berat badan, nilai, dan sebagainya, Anda tahu berarti ada masalah.
b. Teman sejati membuat Anda merasa berharga. Jika bergaul dengan seorang "teman" membuat Anda merasa tidak yakin tentang apa pentingnya Anda dalam hidupnya, berarti dia juga tidak penting dalam hidup Anda. Seorang teman tidak boleh memanjakan Anda dengan kebohongan, dan teman sejati selalu membuat Anda merasa dibutuhkan, penting, dan tidak terganti. Dia meminta saran dan mendengarkan, dan tidak meninggalkan Anda bila teman yang "keren" datang. Tidak ada yang punya waktu untuk permainan bodoh seperti itu, carilah orang yang benar-benar menghargai pertemanan Anda.
  • Teman palsu atau kasual mungkin membuat Anda hebat jika sedang berdua saja, tetapi bersikap seolah tidak mengenal Anda di pesta atau di depan umum. Dia mengabaikan saran atau pemikiran Anda dan tidak menyertakan Anda dalam rencana beramai-ramai.
Baca juga cara jadi Pengusaha Sukses
c. Teman sejati membuat Anda bahagia. Sepertinya sederhana dan jelas, bukan? Itulah mengapa ini begitu penting untuk diingat. Mudah dan sederhana, teman sejati adalah orang yang menimbulkan rasa bahagia setiap kali Anda bersamanya. Jika Anda lebih merasa bahagia sendiri daripada jika bergaul dengannya, berarti sebaiknya Anda sendiri saja. Dia adalah penyedot kebahagiaan.
  • Semua orang pernah mengalami masalah. Namun jika Anda merasa dia selalu mengalami krisis dan Anda tidak bisa menikmati waktu untuk diri sendiri karena terlalu sibuk membenahi masalahnya, berarti ada masalah. Anda adalah teman, bukan tisu.
  • Jika Anda tidak menunggu-nunggu waktu untuk bertemu dengannya, menjauhkan dia dari teman-teman Anda yang lain atau keluarga, atau merasa terbebani dengan kehadirannya, berarti dia bukan teman sejati. Namun dalam kasus ini, Anda bisa menarik diri dengan sopan.
d. Ikuti insting untuk menemukan teman sejati. Jika ada yang terasa salah, berarti memang ada yang salah. Jangan mengikuti logika film horor yang mengabaikan rasa tidak enak hanya untuk menuai akibatnya kemudian. Jika Anda tidak bahagia dengannya, tidak merasa didukung dan dicintai, atau tidak bisa memercayai dia, jangan berteman dengannya. Teman sejati tidak mudah ditemukan, tetapi bukan berarti Anda harus terjebak dengan orang yang memperlakukan Anda seperti sampah. Mundurlah dan tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda benar-benar merasa bahwa dia teman sejati, atau apakah Anda hanya ingin dia untuk menjadi teman baik.
  • Jika Anda pernah meragukan apakah teman Anda adalah teman sejati atau bukan, kemungkinan besar ada masalah besar dalam pertemanan itu, Tidak ada pertemanan yang sempurna, dan masalah pasti ada. Namun masalah itu semestinya tidak menjadi satu-satunya warna dalam pertemanan.
Baca juga
Cara menjadi lebih pintar dari Anda yang Sekarang
Cara Keluar dari Masalah Keuangan

Demikian Semoga bermanfaat.
Sumber wikihow.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Apakah Teman Anda adalah Teman Sejati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel