Cara Menjadi Lebih Pintar dari Anda Yang Sekarang

https://inspirasihidupmasakini.blogspot.com
Cara Menjadi Lebih Pintar dari Anda Yang Sekarang
Pernahkah Anda merasa kurang cerdas di sekitar orang lain? Apakah Anda malu ketika tidak bisa menjawab sebuah pertanyaan? Setiap orang pernah mengalami hal ini di saat dia merasa seperti tidak tahu apa pun. Tentu saja, Anda tidak mungkin mengetahui segalanya. Walaupun demikian, tidak peduli seberapa cerdasnya Anda sekarang, Anda bisa mulai menjadi lebih cerdas lagi hari ini dengan secara aktif berfokus meningkatkan kemampuan yang membangun kecerdasan.

1. Meningkatkan Kemampuan Pikiran

a. Tingkatkan daya ingat. Sering kali, yang dianggap sebagai kecerdasan merupakan kemampuan untuk mengingat dengan baik. Anda dapat meingkatkan kemampuan menyimpan dan mengingat ingatan-ingatan dengan berbagai cara, termasuk menggunakan jembatan keledai dan lebih memperhatikan detail. Menghubungkan informasi, pengamatan, atau data baru dengan ingatan lama akan memudahkan Anda mengingat. Teruslah berlatih dan pada akhirnya Anda akan menguasai teknik baru untuk belajar dan mengingat lebih cepat. Pada saat pertama kali mencoba sajalah yang mungkin paling sulit.

b. Kembangkan rasa ingin tahu. Bagaimana bisa sebagian orang tahu begitu banyak hal? Ingatan yang baik hanyalah sebagian jawabannya: Anda harus punya rasa ingin tahu. Jika Anda puas menjalani hidup dengan sedikit atau tanpa pemahaman sama sekali mengenai hal-hal yang belum Anda kenal, Anda tidak akan banyak belajar. Usahakan secara sadar untuk lebih ingin tahu dengan mengingatkan diri sendiri bahwa meningkatkan keingintahuan akan melebarkan jangkauan Anda dan membuat Anda lebih cerdas.

c. Latih pikiran Anda dengan cara-cara berbeda. Kebanyakan dari kita mahir dalam melakukan hal-hal yang kita kuasai secara alami dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Tantang diri Anda untuk belajar kemampuan baru atau untuk berpikir dengan cara berbeda, dan Anda akan benar-benar jadi lebih cerdas. Pilih sesuatu yang ingin Anda pelajari (memainkan akordeon, misalnya) atau mata pelajaran yang kurang Anda kuasai (mungkin matematika) dan berfokuslah pada hal itu. Pada awalnya, Anda akan merasa tidak nyaman dan bahkan merasa jadi lebih bodoh dibanding sebelumnya, namun bila Anda belajar dan latihan dengan rajin, Anda akan lebih percaya diri, dan menciptakan hubungan baru dalam pikiran Anda.

d. Bermeditasi. Jika Anda bisa berlatih meditasi secara teratur, hal ini secara alami akan memperbaiki seluruh aspek dan kebiasaan yang disebutkan di sini, maupun dalam artikel pengembangan diri lainnya. Meditasi telah terbukti secara ilmiah tidak hanya dapat meningkatkan konsentrasi, tetapi juga membuat Anda merasa lebih bahagia[1]. Untuk mengetahui manfaat meditasi lainnya, bacalah artikel rujukan.
  • Berikut ini adalah latihan meditasi sederhana yang efektif: rasakan napas Anda, baik itu tarikan, embusan, jeda di antara keduanya, gerakan perut, dll. Bacalah Cara Bermeditasi untuk mengetahuinya lebih lanjut.
2. Cara Belajar yang Lebih Cerdas

a. Belajarlah dengan lebih efektif. Jika Anda mendapati diri tidak mampu menjawab pertanyaan dari guru atau dosen, atau jika Anda mendapat nilai buruk dalam ujian, mungkin Anda kurang belajar. Bahkan sekalipun Anda belajar banyak, meningkatkan “cara” yang Anda tempuh dalam belajar akan membuat perbedaan besar.
Cara Belajar Lebih Efisien
Cara Belajar untuk Ujian

b. Kerjakan PR Anda ketika di sekolah dan tugas kuliah Anda di kampus. PR untuk latihan, dan tugas kuliah untuk membantu Anda mencerna apa yang baru saja dipelajari. Ketika Anda melakukannya, Anda akan lebih percaya diri menghadapi mata pelajaran terkait.
  • Sering kali, mengerjakan PR tidak sama dengan belajar, jadi Anda tidak dapat menyebut PR sebagai belajar. Belajar melibatkan refleksi yang dalam dan terobosan pemahaman yang menyangkut dalam ingatan Anda.
  • Hindari godaan untuk menunda, menyelesaikan PR di menit terakhir, atau mencontek PR orang lain. Itu bukan belajar namanya – itu hanya mengerjakan dan kemudian langsung lupa; cara seperti itu sangat tidak berguna ketika Anda berada dalam dunia kerja yang menuntut Anda untuk mengingat dan menggunakan pengetahuan Anda.
  • Jangan belajar hanya karena harus belajar, hal ini tidak akan manjur. Carilah cara agar Anda tertarik, buat belajar jadi menyenangkan dan Anda akan menguasainya lebih cepat, dan mengingat lebih banyak.

Baca Juga :


c. Banyak-banyaklah membaca. Setiap hal yang diketahui manusia dapat Anda temukan di media tertulis, baik itu buku dan majalah atau internet. Jadilah pembaca yang lahap, dan Anda akan mengekspos diri Anda akan gagasan dan informasi baru. Jika Anda pembaca yang lambat, pertimbangkan untuk belajar membaca cepat. Cobalah untuk membuat catatan, dan mungkin mencari satu-dua kata dalam kamus.
  • Jika Anda pembaca yang lambat, sisihkan waktu yang tak dapat diganggu untuk membaca, dan minta orang-orang agar tidak menggangu Anda. Utamakan kualitas bacaan daripada kuantitas, pasang target dan siapkan hadiah kecil bagi Anda untuk setiap bacaan yang selesai dibaca.
d. Sering-seringlah mengunjungi perpustakaan dan mengambil apapun yang menarik bagi Anda. Subjek/permasalahan tidak sepenting kegiatan membaca. Selalu miliki bahan yang bagus untuk dibaca.

e. Lakukan penelitian. Rasa ingin tahu tanpa inisiatif sama seperti mempunyai mobil yang kehabisan bensin – Anda tidak akan kemana-mana. Untungnya, bila soal pengetahuan, Anda tidak pernah jauh dari kesuksesan. Bila Anda membaca kata yang tidak Anda mengerti, carilah dalam kamus. Bila Anda penasaran bagaimana pesawat bisa terbang, bacalah buku tentang pesawat. Bila Anda ingin tahu lebih banyak mengenai politik, bacalah surat kabar. Buka internet dan jelajahi dunia yang mendalam.

f. Pelajari cara mencari tahu. Jika Anda tahu cara menggunakan referensi, mulai dari mesin pencari di internet sampai ensiklopedia, Anda akan dapat menemukan informasi yang Anda cari dengan lebih cepat dan efektif. Kemampuan riset yang efektif akan menumbuhkan rasa ingin tahu karena Anda akan lebih percaya diri dengan kemampuan Anda dalam mengakses pengetahuan. Jika ada yang perlu ditingkatkan dari kemampuan riset Anda, ikutlah kelas atau lokakarya tentang riset, tanya pustakawan atau guru, atau cukup berlatih melakukan riset. Bisa juga dengan mengklik tombol “Help” di internet dan komputer.

g. Cari tahu sendiri. Ada banyak lagi untuk melatih kecerdasan selain “Buku Pintar”. Kita semua dapat belajar untuk melakukan tugas harian di tempat kerja, rumah, dan sekolah dengan lebih baik dan lebih rajin. Jika ternyata Anda tidak tahu cara melakukan suatu hal, tahan godaan untuk minta tolong atau bertanya. Sering kali, Anda akhirnya dapat mencari tahu caranya sendiri, baik dengan trial-and-error atau dengan meneliti. Walaupun biasanya mencari tahu sendiri menghabiskan waktu lebih banyak daripada bertanya, Anda akan belajar lebih banyak mengenai keseluruhan proses, dan mengingatnya lebih baik. Hal yang paling penting adalah, Anda akan mempraktikkan kemampuan penyelesaian masalah daripada kemampuan “melakukan sesuai yang disuruh”.

3. Menjalin Hubungan dengan Orang Lain untuk Meningkatkan Kecerdasan

a. Minta bantuan. Mencari tahu segalanya sendiri memang hebat, namun adakalanya Anda tidak punya cukup waktu, sekalipun telah berusaha semaksimal mungkin. Jangan menyerah, mintalah bantuan seseorang untuk menunjukkan caranya. Perhatikan baik-baik dan tanyakan semua yang ingin Anda ketahui, sehingga Anda tidak akan pernah meminta hal yang sama lagi.
  • Banyak orang senang menjawab pertanyaan mengenai bidang keahlian mereka. Ini merupakan cara bagus untuk menunjukkan penghargaan Anda pada opini dan pengetahuan mereka dan memberi mereka kesempatan untuk meneruskan sebagian pengetahuan itu. Jika ada orang yang bereaksi negatif ketika diminta bantuan, bisa jadi dia tidak terlalu menguasai atau dia sedang dikejar waktu; untuk kedua kasus di atas, ini bukan karena Anda dan Anda bisa minta tolong lagi lain waktu atau menyadari bahwa orang tersebut sedikit gelisah dan coba meyakinkan dia kalau Anda menghargai nasihatnya.
b. Ajari orang lain. Supaya dapat mengajari orang lain, Anda harus menguasai dengan cukup baik terlebih dahulu. Saat Anda menjelaskan sebuah gagasan atau kemampuan pada orang lain, Anda tidak hanya akan mengingat lebih baik, pertanyaan orang lain juga akan membantu Anda mengetahui seberapa Anda benar-benar memahami perkataan Anda. Jangan sampai Anda tidak mengajar karena tidak mengetahui sebuah topik, Anda bisa belajar sembari mengajar. Tidak usah malu berkata, “Wow, Saya belum tahu jawabannya, mari kita cari tahu bersama!” Menyingkirkan perilaku defensif adalah tanda kedewasaan, dan kedewasaan menambah kecerdasan Anda.
  • Bagikan apa yang “Anda” ketahui ke orang lain secara sukarela. Pengetahuan adalah sesuatu yang sebaiknya dibagikan untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Jangan seperti harimau menyembunyikan kuku. Bagikan pengalaman, kemampuan, bakat, dan pengetahuan Anda dengan orang lain, sehingga mereka dapat bertumbuh dengan keyakinan dan kemampuan.
4. Cara Seru untuk Meningkatkan Kecerdasan
a. Pelajari kosakata baru setiap hari. Jelajahi kamus dan carilah kata yang belum Anda ketahui, kemudian latihan menggunakan kata itu sepanjang hari. Saat Anda menemukan kata baru saat melakukan # 3, carilah artinya.

b. Cari hobi baru yang menarik minat Anda. Banyak orang meningkatkan kecerdasan mereka dengan cara berusaha menjadi lebih baik pada suatu bidang yang mereka sangat kuasai. Contohnya, seorang programer komputer tidak hanya akan terlihat cerdas karena menguasai C++, tetapi pengetahuan ini juga akan membantu pekerjaannya.

c. Kelilingi diri dengan orang-orang cerdas. Berada di sekeliling orang yang pandai di bidang mereka masing-masing akan membuat Anda lebih berpengetahuan. Jangan merasa rendah diri, bersyukurlah karena Anda mendapat sumber pengetahuan yang luar biasa!

d. Baca berita. Anda akan tahu yang sedang terjadi di dunia dengan tetap mengikuti peristiwa terkini. Sambil mengerjakan langkah 3, Anda dapat mengikuti perkembangan dunia.

e. Latih kemampuan menulis. Menulis memungkinkan Anda menyampaikan pengetahuan dalam karya kreatif. Baik Anda mengarang tulisan pendek, cerita fantasi, atau laporan tentang Perang Dunia II, belajar menulis akan membantu Anda. Cobalah melatih otak Anda dan menulis sedikit setiap harinya, boleh tulisan mengenai perasaan Anda saat itu atau paragraf deskriptif tentang cuaca. Kadang, berdiskusi saja bisa membantu Anda menciptakan ide-ide segar dan baru.

f. Pelajari bahasa baru. Belajar bahasa baru adalah cara yang bagus untuk jadi lebih cerdas. Anak-anak yang belajar dua bahasa atau lebih memiliki lebih banyak grey matter (komponen dalam sistem saraf pusat) daripada mereka yang tidak, dan otak mereka membuat lebih banyak koneksi saraf. Grey matter berfungsi dalam memproses informasi, termasuk ingatan, perkataan, dan persepsi sensori. Menguasai bahasa lain juga meningkatkan empati Anda pada sesama, yang merupakan bagian penting dalam meningkatkan kecerdasan emosional.

g. Luangkan waktu jauh dari gangguan dan orang lain. Kesunyian adalah waktunya untuk berefleksi, alam bawah sadar dan beristirahat. Hanya dalam kesunyianlah Anda mencerna semua yang telah Anda pelajari sepanjang hari atau minggu, dan dapat mensortir isu-isu yang penting bagi Anda. Kesunyian membantu Anda tetap tenang, mengurangi stres dan merupakan cara bagus untuk menenal diri Anda lebih jauh. Alokasikan sedikit waktu dalam hari Anda untuk tenang dan menjauh dari hal lain, setiap hari. 

Semoga bermanfaat.
dikutip dari:wikihow.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Menjadi Lebih Pintar dari Anda Yang Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel