Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Orang Yang Kamu Pilih

Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Orang Yang Kamu Pilih
Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Orang Yang Kamu Pilih

Sebagian orang mengatakan, jangan melihat masa lalu seseorang tetapi lihatlah bagaimana dia sekarang. Saya setuju ini adalah pernyataan yang baik, tetapi bagi saya tidak sepenuhnya benar. Karena menurut saya masa lalu itu sangat penting, meskipun masih lebih penting masa depan. Karena masa lalu merupakan pembelajaran dan pembentukan, sehingga seseorang menjadi seperti apa sekarang ini.

Termasuk dalam memilih pasangan hidup, memilih partner bisnis, memilih mitra, kita perlu tahu track recordnya seperti apa. Mengetahui masa lalu pasangan akan membuat kita semakin mantap, apakah kita betul- betul akan hidup bersamanya atau tidak. Mengetahui masa lalu partner bisnis akan membuat kita semakin mantap, apakah kita betul-betul akan berpartner dengannya atau tidak.

Ada pula sebuah kata bijak, wanita dinilai karena masa lalunya sedangkan pria dinilai karena masa depannya. Pernyataan ini benar, tetapi tidak sepenuhnya benar.
Karena hendaknya pria juga harus dinilai juga dari masa lalunya jangan cuma masa depannya. Wanita pun harus dinilai dari masa depannya juga jangan cuma masa lalunya, ini baru adil.

Kenapa masa lalu begitu penting ? Karena sumber masalah-masalah yang mungkin terjadi saat ini, potensinya berasal dari masa lalu. Contohnya saja ada seorang yang selalu curiga bahkan kurang percaya dengan pasangannya, dan setelah ditelusuri ternyata dulunya pasangannya pernah melakukan sesuatu yang membuat ia curiga, pasangannnya melakukan sesuatu yang telah merusak kepercayaannya. Sehingga hal ini membentuk pola yang baru, yaitu pola curiga dan tidak percaya pada pasangannya.

Pola curiga dan tidak percaya pada pasangan ini tentu saja sebuah masalah, karena pasangannya sekarang adalah orang jujur. Dan pola masalah ini bersumber dari pengalaman  masa  lalunya.  Kesimpulannya  masalah yang ada sekarang adalah bentukan dari masa lalu. Oleh karena itu hal ini sangat  penting, jika kita mau memutuskan    untuk    memilih    seseorang    menjadi pasangan hidup, menjadi mitra, menjadi partner,  dan menjadi apapun yang sekiranya penting buat Anda, maka Anda juga harus melihat masa lalunya. Setelah Anda mengetahui masa lalunya kemudian bertanyalah kepada diri sendiri, siapkah Anda menerima dia sebagai orang yang akan Anda percaya. Jika diri Anda siap, maka silahkan lanjutkan.

Disini bukan berarti kita menjauhi atau anti dengan seseorang yang masa lalunya suram. Karena masa lalu tetaplah masa yang telah berlalu, berbeda dengan masa sekarang,  akan tetapi yang  perlu  Anda ketahui  yang namanya track record   seseorang itu sangat penting. Mengetahui masa lalu bukan sebagai tolok ukur kita dalam memilih seseorang, tetapi sebagai pemantap keputusan yang kita ambil.

Yang perlu diketahui, setiap orang punya masa lalu. Setiap orang tidak sempurna termasuk diri kita sendiri. Oleh karena itu maklumilah masa lalu seseorang. Sekali lagi disini saya katakan kembali, mengetahui masa lalu bukanlah sebagai tolok ukur kita dalam memilih seseorang tetapi sebagai pemantap kita dalam mengambil keputusan.

Saya kasih contoh yaa, orang yang pernah diselingkuhi akan memiliki perasaan dan sikap yang curiga pada pasangannya. Contoh lain, orang yang pernah berselingkuh memiliki potensi untuk melakukan perselingkuhan lagi di masa depan. Karena itu sudah menjadi pola dalam pikirannya, tetapi bukan berarti hal ini tidak bisa dihilangkan.

Anda boleh tidak percaya dengan kata-kata saya, Anda tidak harus percaya dengan tulisan saya, saya pun tidak mengharapkan Anda untuk mengaminkan tulisan saya, tulisan ini saya buat sebagai hal yang bersifat informatif saja. Segala keputusan dan kesimpulan, saya kembalikan kepada Anda selaku pembaca. Karena bagaimanapun saya menulis ini berdasarkan kesubyektifan saya (saya rasa, tidak ada orang yang betul-betul bisa obyketif)

Semoga wacana singkat ini bisa bermanfaat.
sumber: Afron Shoji (Penulis Buku Counseling Revolution)

Artikel lainnya yang terkait:
Semakin Tinggi Resiko Maka Semakin Tinggi Rezeki
Orang Lain Tidak Bisa Menghalangi Rezekimu
Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Dalam Hidup dan...

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Mengetahui Masa Lalu Orang Yang Kamu Pilih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel