Semakin Tinggi Resiko Maka Semakin Tinggi Rezeki

Semakin Tinggi Resiko Maka Semakin Tinggi Rezeki
Semakin Tinggi Resiko Maka Semakin Tinggi Rezeki
Setiap pekerjaan, setiap bisnis, pasti selalu ada resiko. Semua orang pasti setuju dengan pendapat ini. Karena resiko itu selalu ada dimanapun, kapanpun, dan dalam bidang apapun. Bahkan diam saja beresiko. Mobil secanggih  apapun  tetap  tidak  bisa  lepas  dari  resiko terjadinya kecelakaan. Pekerjaan seaman apapun, tetap tidak bisa lepas dari resiko kecelakaan kerja. Sekalipun pekerjaan Anda  hanya tanda tangan saja, tetap saja beresiko.

Bisnis seperti apapun selalu memiliki resiko. Sehebat apapun orang mempunyai ilmu bisnis, namun dia tetap tidak akan bisa lepas dari potensi terjadinya resiko. Sehebat apapun investasi, tetap memiliki resiko. Sekalipun Anda berinvestasi di perusahaan yang saat ini tengah dalam masa kejayaan pun, tetap selalu ada resiko.

Berhubung resiko itu selalu ada dalam bidang apapun, maka resiko itu tidak dapat dihilangkan. Kita hanya bisa berusaha menghindari resiko atau meminimalisir terjadinya resiko. Namun bagi saya, sebenarnya dibalik resiko selalu ada rezeki dan peluang. Bahkan semakin tinggi resiko maka akan semakin tinggi potensi rezeki dan semakin lebar peluang yang terdapat disana.

Bukankah Risk (resiko) dan Rezeki itu seiras dan selaras bunyinya ? Hehe.. Maka Resiko pun sebenarnya selalu berkorelasi positif terhadap rezeki.. Katakanlah seorang pebisnis yang bisnisnya memiliki resiko yang sangat tinggi, lihat saja pasti rezekinya dia lebih tinggi daripada rezeki orang yang pekerjaannya resikonya dibawah orang yang berbisnis itu.

Inilah yang tidak banyak orang tahu, kalau sebenarnya dimana ada resiko maka disitu ada rezeki. Kebanyakan orang menghindari resiko, dan pada saat itu juga mereka sedang menghindari rezeki. Orang yang berani mengambil resiko, hanyalah orang-orang yang memiliki jiwa pemberani dan peka terhadap peluang. Mental seperti ini tidak dimiliki oleh setiap orang. Beruntunglah, jika Anda tipe orang yang termasuk berani dalam mengambil resiko. Karena keajaiban di dunia ini hanya berpihak kepada mereka yang memiliki keberanian.

Kita sudah tahu kalau disitu ada resiko maka disitu juga terdapat rezeki. Namun bukan berarti kita mencari-cari resiko. Karena resiko bukan yang kita cari, yang kita cari adalah peluang, uang, dan rezeki. Jika disitu terdapat sebuah peluang dan memiliki resiko tinggi maka kemungkinan besar ada potensi rezeki yang tinggi juga disitu.

Sabda dalam dunia manajemen yang sudah turun temurun sejak puluhan tahun bahkan ratusan tahun yang lalu "High Risk High Return" Semakin tinggi resiko maka akan semakin tinggi pula yang akan kita dapat. Ini sebenarnya merupakan hukum kausalitas yang sudah ditetapkan oleh Yang Maha Kuasa. Hanya mereka yang berani berhadapan dan bergesekan dengan resiko tinggilah  yang  berhak untuk  mendapatkan  hasil  yang tinggi.

Ingat selalu, keajaiban adalah milik orang-orang yang berhak. Dan mereka yang berhak untuk mendapatkan keajaiban dalam hidupnya adalah mereka yang berani! Ini berlaku dalam hal apapun, tidak cuma dalam bisnis atau investasi saja. Tetapi juga berlaku dalam jodoh juga.

Sedikit bercerita, ada teman saya yang jatuh cinta pada seorang gadis..dan dia memiliki keinginan untuk nembak gadis itu. Tetapi dia tidak memiliki keberanian yang cukup. Teman saya ini takut ditolak (resiko jika nembak) jadinya dia menunda-nunda untuk mengutarakan rasa cintanya kepada gadis impiannya. Alhasil, karena kelamaan akhirnya gadis pujaannya itu keburu diambil sama orang lain.

Karena takut mengambil resiko, dia hanya memiliki satu kemungkinan yaitu GAGAL. Padahal jika berani mengambil resiko masih ada dua kemungkinan, yakni GAGAL atau BERHASIL. Resiko itu perlu diperhitungkan, tetapi janganlah kita menggunakan pikiran kita untuk fokus hanya pada resiko..Ingatlah ada peluang dibalik resiko. Mestinya ketika menimbang resiko, harus juga menimbang peluang.

Katakanlah, kita mau berbisnis dengan resiko kerugiannya adalah Rp 10 juta, namun memiliki potensi keuntungan Rp 100juta. Yah, kalau resikonya itu memang sebanding dengan potensi hasil yang akan didapat yah ambil saja. Buat apa mikir kelamaan. Toh, kalaupun rugi kita 'hanya' kehilangan 10 juta, tetapi kalau untung kita akan dapat 100 juta. Adil kan ?
Justru jika kita terlalu fokus pada resiko itu justru tidak adil, karena kita lupa mempertimbangkan potensi hasil yang akan didapat dari resiko tersebut.

Begitulah, semoga teman-teman mulai saat ini menjadi pribadi  yang  memiliki  keberanian  yang  lebih.  Karena hanya dengan keberanian lah kehidupan bisa menjadi indah karena dipenuhi keajaiban.


Afron Shoji
(Penulis Buku Counseling Revolution) 

Baca juga artikel terkait seperti:
Satu Pelajaran Penting Yang harus di ajarkan oleh kepala Keluarga
Antara sedekah, Menuntut Ilmu, dan mencari Nafkah.. Mana yang lebih Utama
Benarkan Berteman dengan orang sukses Bisa bikin kamu sukses

Belum ada Komentar untuk "Semakin Tinggi Resiko Maka Semakin Tinggi Rezeki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel