Antara Sedekah, Menuntut Ilmu, Dan Mencari Nafkah.. Mana Yang Lebih Utama ?

Antara sedekah , menuntut ilmu dan mencari nafkah
antara Sedekah, Menuntut Ilmu dan mencari Nafkah

Aktivitas manusia di dunia itu begitu beragam. Dari masa ke masa, aktivitas manusia semakin banyak seiring perkembangan teknologi. Termasuk dalam bidang pekerjaan. Kalau zaman dahulu kala tidak ada orang kerja kantoran, kalau zaman sekarang ada, hehe. Yah karena zaman dahulu memang tidak ada kantor, dan zaman sekarang hampir setiap badan usaha memiliki kantor.

Begitupun dalam dunia pendidikan. Kalau zaman dahulu kala, mungkin orang-orang belajar ilmu bela diri di padepokan atau belajar ilmu agama dan ilmu umum di pesantren. Namun zaman sekarang tempat untuk pendidikan tidak cuma padepokan dan pesantren. Saat ini yang lebih diutamakan adalah sekolah formal dan itupun bertingkat mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Kalau zaman dahulu, orang yang mau bersedekah bisa dengan memberikan makanan kepada orang lain. Atau kalau dalam bentuk harta, juga bisa sedekah dari hasil bumi atau sedekah menggunakan emas. Kalau zaman sekarang, sedekah bisa dilakukan di atas kasur...tinggal buka M Banking saja lalu transfer.

Begitulah, kemajuan dunia membawa banyak perubahan. Dan yang namanya perubahan itu pasti terjadi dan memang harus diikuti, tentunya dengan penyesuaian diri agar tidak melanggar norma dan agama. Seperti yang saya contohkan diatas, telah terjadi perubahan dalam proses mencari nafkah, menuntut ilmu, bahkan dalam bersedekah.

Oh ya ngomong-ngomong, mana yang lebih utama ? Menuntut Ilmu ? Sedekah ? atau Mencari Nafkah ? Tentu saja yang ketiga-tiganya itu utama.

Namun mencari nafkah dan menuntut ilmu itu hukumnya WAJIB, sedangkan sedekah itu hukumnya SUNNAH. Kebanyakan orang tidak melakukannya semua (Menuntut Ilmu, Mencari Nafkah, dan Bersedekah).. kebanyakan orang mungkin hanya menuntut ilmu dan mencari nafkah tanpa bersedekah. Atau hanya bersedekah dan mencari nafkah tanpa menuntut ilmu.

Sebenarnya akan lebih baik jika kita melakukannya semua. Karena ketiga hal ini sangat mendukung kita untuk bisa sukses di dunia dan di akhirat. Bukankah untuk mendapatkan dunia harus menggunakan ilmu ?
Bukankah untuk mendapatkan akhirat juga harus menggunakan ilmu ?

Bukankah mencari nafkah juga perlu ilmu ?
Nah, lalu apa penting sedekah ? Sedekah memang tidak wajib, sedekah hanya sebuah anjuran.
Namun dengan bersedekah, maka menuntut ilmu dan mencari nafkah akan jauh lebih mudah dan jauh lebih berkah..

Andaikan Anda kesulitan dalam menuntut ilmu, maka dengan bersedekah insya Allah menuntut ilmu akan lebih mudah. Andaikan Anda kesulitan dalam mencari nafkah, cobalah untuk bersedekah. Dan semoga dengan bersedekah, maka mencari nafkah akan dipermudah.

Semua ini atas kehendak Tuhan dengan hukum kausalitasnya, berlaku untuk siapapun dan agama apapun, bahkan untuk yang tidak beragama sekalipun.
Dan inipun yang telah saya alam dan saya buktikan sendiri, dengan bersedekah mencari nafkah dan menuntut ilmu akan lebih mudah.
Mulai saat ini mari kita lakukan ketiga-tiganya.

Sekian semoga bisa menginspirasi dan memberi manfaat.

di kutif dari: Afron Shoji
(Penulis Buku Counseling Revolution)

Belum ada Komentar untuk "Antara Sedekah, Menuntut Ilmu, Dan Mencari Nafkah.. Mana Yang Lebih Utama ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel